Nilai Pendidikan Sekolah Prince’s

PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

 

 

Berikut ini adalah aspek perkembangan yang menjadi fokus pendidikan anak usia dini di PRINCE’S Cre@tive School, yaitu pada tingkat Toddler, Play Group dan Taman Kanak-kanak.

 

  • Fisik

Anak mampu menggerakkan anggota tubuhnya dalam rangka latihan kelenturan otot. Hal ini untuk mempersiapkan keterampilan menulis, mengembangkan kemampuan motorik kasar dan halus, koordinasi serta keseimbangan dalam bergerak.

 

  • Kognitif

Anak mampu mengenal dan memahami berbagai konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari, contohnya: benda-benda di sekitarnya, konsep sains sederhana, bilangan, bentuk geometri, konsep waktu, dan konsep matematika sederhana.

 

  • Bahasa

Anak mampu berkomunikasi secara lisan, memperkaya perbendaharaan kosakata, menulis dengan simbol-simbol yang melambangkannya (persiapan menulis), membaca gambar (persiapan membaca), memenuhi rasa ingin tahu, dan memahami bahasa isyarat.

 

  • Sosial Emosional

Anak mampu mengadakan hubungan dengan orang lain, mematuhi peraturan disiplin, dapat menunjukkan reaksi emosi yang wajar, dan menjaga keamanan diri.

 

  • Seni

Anak mampu mengungkapkan gagasan dan daya ciptanya dalam berbagai bentuk, misalnya: gambar sederhana, mewarnai, menciptakan sesuatu dengan berbagai media, bergerak sesuai irama musik, bernyanyi dan melakukan senam.

 

  • Moral dan Nilai-nilai Agama

Anak mencintai sesama dan segala ciptaan Tuhan, mengenal sopan santun dan tanggung jawab, memahami kedisiplinan serta konsep benar dan salah, mengenal kebersihan, mencintai tanah air, dan mengenal musyawarah mufakat secara sederhana.

 

PENCAPAIAN STANDAR KOMPETENSI

pada tingkat WAJIB BELAJAR 9 TAHUN

 

Bahasa Indonesia

Murid mampu memahami komunikasi lisan dan tulisan, dengan kemampuan dasar seperti: mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. Murid juga mampu berbahasa Indonesia dengan tata bahasa yang baik dan benar dan memperkaya perbendaharaan kosakata. Murid di kelas yang lebih tinggi, berani berbicara di depan umum, mampu memahami beragam gaya bahasa/ majas, mengenal kesusastraan Indonesia dan dapat menghasilkan karya seperti pidato, puisi, pantun dan prosa.

 

Matematika

Murid mampu memahami berbagai konsep matematika seperti: bilangan, geometri dan pengukuran. Murid juga memiliki pola berpikir sistematis, serta dapat mengembangkan logika dalam menyelesaikan berbagai permasalahan matematis yang semakin kompleks.

 

Sains

Murid mampu memahami berbagai konsep sains, terutama yang berhubungan dengan lingkungan sekitar dan kehidupan sehari-hari. Murid juga dapat mengembangkan cara berpikir ilmiah, melakukan kerja ilmiah dan memperkaya kosakata sains. Murid di kelas yang lebih tinggi, dapat melaksanakan praktek laboratorium serta memiliki pengetahuan yang lebih dalam mengenai makhluk hidup, fenomena alam dan semesta.

 

Pengetahuan Sosial dan Pendidikan Kewarganegaraan

Murid mampu memahami konsep diri, moral, hak, kewajiban dan tanggung jawab, baik dalam keluarga, sekolah, pergaulan maupun sebagai warganegara. Murid juga memiliki kecintaan terhadap bangsa dan negara Indonesia, serta berbangga menjadi orang Indonesia. Murid mengerti dan dapat membedakan hal-hal yang benar dan yang salah. Murid juga memahami dan terlibat dalam aktivitas sosial yang terjadi di lingkungan sekitar.

 

Agama dan Pendidikan Moral/ Budi Pekerti

Murid memahami konsep dasar tentang keberadaan Tuhan, mencintai dan menghargai sesama walaupun berbeda agama/ kepercayaan, memiliki rasa kemanusiaan yang tinggi, memahami benar dan salah, serta mampu mengaplikasikan ajaran agama/ kepercayaan dalam kehidupan sehari-hari.

 

English

Murid mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris dengan kemampuan dasar seperti: mendengarkan (listening), membaca (reading), menulis (writing), dan berbicara (speaking). Murid juga mempunyai tingkat pemahaman (comprehension) yang baik dan memiliki kosa kata (vocabulary) bahasa Inggris yang memadai untuk percakapan sehari-hari. Murid di kelas yang lebih tinggi mampu melakukan presentasi dan berbicara di depan umum dalam bahasa Inggris.

 

 

 

Mandarin

Murid mampu berkomunikasi dalam bahasa Mandarin sederhana dengan kemampuan dasar seperti: mendengarkan, membaca, menulis dan berbicara dalam ejaan Hanyu Pinyin dengan benar, serta cara menulis dalam bentuk tulisan Kanji.

 

Komputer / Information Technology

Murid mengenal komputer dan perangkat pendukungnya, mampu mengoperasikan komputer dan menggunakan aplikasi-aplikasi yang mendukung kegiatan belajar dengan dukungan Interactive Smart Board dan video projector. Murid di kelas yang lebih tinggi mampu mengaplikasikan teknologi informasi seperti internet dan networking.

 

Olah Raga

Murid memiliki koordinasi motorik yang baik, mempunyai daya tahan tubuh yang tinggi, memahami konsep sportivitas dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, serta mengenal berbagai jenis olah raga, baik yang modern maupun tradisional. Berbagai jenis olah raga di Sekolah PRINCE’S antara lain: sepak bola, bulu tangkis, basket, volley, tenis meja, senam dan atletik.

 

Musik

Murid mengenal dan mampu memainkan berbagai jenis alat musik, memiliki kepekaan terhadap nada, kerja sama dan disiplin yang tinggi, serta dapat berolah vokal dengan baik dan benar. Berbagai alat musik yang dipelajari di Sekolah PRINCE’S antara lain: pianika, recorder, keyboard, triangle, maracas dan angklung.

 

Library

Murid memiliki minat baca yang tinggi, dapat membaca dengan baik dan benar dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris, mampu membuat rangkuman dan melakukan telaah buku secara sederhana, sehingga mempunyai wawasan pengetahuan yang luas tentang berbagai hal yang didapat dari beragam khazanah bacaan. Untuk menciptakan tradisi membaca, maka murid diwajibkan mengikuti reading session di perpustakaan setiap hari dan reading time setiap pagi sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai.

 

Art & Craft

Murid mampu menghasilkan karya seni yang kreatif dan artistik, baik seni lukis, seni tari, maupun kerajinan tangan. Berbagai aktivitas seni yang dilakukan adalah: tari tradisional dan tari kreasi, menggambar, melukis, merancang bangun, multimedia design, membatik, membuat keramik serta bermacam-macam kerajinan tangan lainnya.