Artikel

Mari Kita Cegah Kenakalan yang Bisa Merusak Masa Depan Anak (Bullying)

15 Mar, 2015

Bullying bukan sekedar kenakalan biasa. Bullying adalah tindakan seorang anak terhadap anak lainnya, yang biasanya memberikan penekaan pada tindakan-tindakan kasar, baik secara kekerasan fisik maupun kata-kata.

 

Bullying merupakan kejadian yang sangat memprihatinkan pihak sekolah dimama pada kondisi-kondisi tertenu bahkan sudah menjurus pada tindakan kriminal seperti yang terhadi pada anak-anak yang lebih dewasa, misalnya penganiayaan, pemerasan dan bahkan pengeroyokan.

 

Apabila kita simak secara bijaksana, lingkungan yang kurang baik di masyarakat banyak menciptakan kondisi-kondisi penuh kekerasan pada perkembangan anak yang mengakibatkan adanya kesemuan sikap bahwa hal-hal tersebut adalah suatu hal yang wajar, misalnya seorang anak yang apabila tidak suka akan sesuatu terhadap anak lainnya, langsung memukul atau memaki-maki. Tentunya hal-hal semacam ini tidak terlepas dari lingkungan keluarga atau tempat tinggal, dimana anak tersebut mengalami hal-hal serupa sebelumnya. Oleh karena itu, anak-anak yang menjadi bullies juga merupakan korban dari tindakan serupa dari lingkungannya.

 

Inilah sebabnya mengapa kita harus memerangi tindakan bullying dan juga melibatkan pihak-pihak yang menentukan sikap anak-anak tersebut. Kita pun bahkan harus bisa mencegah dan menasehati orang tua yang seenaknya memukul dan memaki anak mereka, apalagi yang secara terbuka di depan umum. Jelas tindakan ini adalah cikal bakal dari sikap anak terhadap kawan-kawannya, bahkan juga terhadap guru dan di lingkungan seolah.

 

Oleh karena itulah kami menghimbau semua pihak untuk bahu membahu memerangi perangai buruk dan ketidakwajaran sikap anak sejak dini, agar bisa mengerti mana perilaku-perilaku yang “Benar atau Salah”, bukan tindakan-tindakan yang “Boleh atau Tidak Boleh”.